Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2021

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2021

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 1995. Setiap tahunnya, pemerintah bersama komunitas ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) nasional terus menggemakan pentingnya menanamkan perhatian, minat, dan kesadaran seluruh komponen bangsa terhadap pengembangan iptek dan inovasi dalam pembangunan nasional yang berkesinambungan. Penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus Tahun 1995 menjadi momen bersejarah bagi Republik Indonesia. Pesawat yang didesain dan diproduksi oleh komunitas iptek nasional tersebut telah menunjukkan bahwa Indonesia mampu menghasilkan produk inovasi yang membanggakan hingga kancah dunia.


Sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2021, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bertugas membantu Presiden menyelenggarakan urusan pemerintahan negara di bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Di bidang iptek, Kemdikbudristek menyelenggarakan fungsi perumusan dan penetapan kebijakan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Serta koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di perguruan tinggi dalam rangka melaksanakan tridarma perguruan tinggi.


Dalam rangka membangkitkan semangat inovasi dalam negeri, khususnya menjaga optimisme di tengah badai pandemi, serta sejalan dengan tema besar Hakteknas Tahun 2021 yang disepakati dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), yakni “Integrasi Riset untuk Indonesia Inovatif”, maka Kemendikbudristek menghadirkan kegiatan peringatan Hakteknas ke-26 yang mengusung sub-tema "Gotongroyong Inovasi untuk Menguatkan Bangga Buatan Indonesia”.


Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan hasil-hasil iptek dan inovasi di sektor pendidikan kepada masyarakat luas. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menunjukkan keseriusan pemerintah dalam membangun ekosistem iptek yang terintegrasi dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Serta upaya pemerintah dalam menyiapkan talenta ristek masa depan.


Kegiatan ini akan diselenggarakan secara virtual pada:

Hari, tanggal : Selasa, 10 Agustus 2021

Waktu : 13.30 s.d. 15.20 WIB

Lokasi : Zoom Webinar dan disiarkan langsung melalui YouTube Kemendikbud RI

VIP dan VVIP : 

1. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan

2. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Bapak Nadiem Anwar Makarim;

3. Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita;

4. Menteri Kesehatan, Bapak Budi Gunadi Sadikin;

5. Pimpinan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia; 6. Para Pimpinan Perguruan Tinggi dan Lembaga Layanan Dikti


#KampusMerdekaIndonesiaJaya #Hakteknas2021

Share:

Tags: Hari Kebangkitan Teknologi Nasional