Apa Itu Post Holiday Blues? Berikut Cara Mengatasinya

Apa Itu Post Holiday Blues? Berikut Cara Mengatasinya

Hai Y.A.I friends gimana lebarannya…? Pasti senang dong, merasakan Vibe lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Alhamdulillah setelah 2 tahun akhirnya kita bisa mudik ke kampung halaman yah bestie. Bagi sebagian bestie yang tidak melaksanakan mudik, libur lebaran ini banyak digunakan untuk berlibur bersama keluarga ataupun teman. Baik liburan di dalam negri ataupun di luar negri, Pasti happy dan stress release dong.

            Selain kebahagiaan ber-lebaran bersama keluarga, sebagian Y.A.I friends pasti ada yang bersedih. Baik karena lebaran kali ini tidak selengkap seperti lebaran sebelumnya. Rasa sedih karena kehilangan orang tua, adik ataupun kakak serta sanak saudara. Doakan para almarhum ataupun almarhumah yang telah mendahului kalian. Ataupun rasa sedih tidak bisa mudik karena sedang melakukan tugas kantor yang tidak bisa ditinggal. Sabar yah bestie.

            Setelah libur lebaran banyak diantara kalian merasakan rasa lelah yang baru timbul saat sampai rumah setelah berlibur, ditambah keadaan rumah yang harus dirapihkan karena berdebu setelah ditinggal liburan, belum lagi harus bongkar koper atau tas yang penuh baju kotor. Hal-hal ini dapat merusak mood dan akhirnya timbul perasaan emosional. Keadaan ini kita namakan post holiday blues.

            Post Holiday Blues adalah sindrom di mana otak masih belum menerima kehilangan hal-hal yang menyenangkan selama liburan dan merangsang otak untuk beristirahat. Perasaan kaget  bahwa liburan telah usai dan harus kembali ke aktifitas sehari-hari, bahasa kerennya adalah ‘back to realty bestie’. juga merupakan penyebab post holiday blues. Gejala post holiday blues sangat bervariasi, antara lain adalah, tidak bersemangat melakukan aktifitas sehari-hari, rasa malas, tidak antusias dengan lingkungan tempat beraktifitas, rasa lelah berkepanjangan, gelisah, emosional, sakit kepala, insomnia, stress dan bisa sampai depresi.

            Namun Y.A.I Friends tidak perlu khawatir, post holiday blues bisa kok kalian atasi, antara lain dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan untuk meningkatkan mood, antara lain sebagai berikut.:

            1. Melakukan pijat seluruh badan atau refleksi agar kalian relaks.

            2. Melakukan creambath di salon.

            3. Istirahat dan tidur yang cukup.

            4. Nonton bareng dengan keluarga atau teman.

            5. Olahraga pagi.

            6. Memasak.

            7. Makan siang bersama teman dan bersenda gurau.

            Lamanya post holiday blues ini berlangsung berbeda pada masing-masing orang. Ada yang cepat ataupun berkepanjangan. Namun jika setelah beberapa saat ke depan kalian masih merasakan post holiday blues atau sulit move on atau masih mengingat kesenangan ataupun kesedihan karena liburan sehingga menghambat aktivitas kuliah ataupun bekerja, maka saatnya kalian butuh bantuan profesional dalam bidang kesehatan mental.

            Yuk kita kembali beraktivitas dengan semangat, lupakan kesedihan saat liburan lebaran. Fokus kembali dengan tujuan hidup, yang sedang menyusun skripsi kembali ke laptop, yang harus menghadapi ujian tengah semester kalian harus menyiapkan diri baik fisik ataupun mental. Bagi yang kuliah sambil bekerja dengan tugas kantor dan tugas dosen yang tidak kalah banyak, semangat dan tuntaskan secepatnya. No matter what happens, Life must go on bestie!. Dan jangan lupa berdoa agar Tuhan melancarkan rencana baik kalian. Prestasi ‘YES’, Sensasi ‘NO’.

 

Opi W

 

Digital Content Creator Y.A.I

Share:

Tags: post holiday,cara mengatasi post holiday blues,vibe lebaran,mudik kekampung halaman,Post Holiday Blues,post,holiday,blues